Jumat, 29 April 2011

Akhlak

Pengertian Akhlak

Dilihat dari sudut bahasa (etimologi), perkataan akhlak (bahasa arab) adalah bentuk jamak dari kata Khulk. Khulk di dalam Kamus Al-Munjid  berarti budi pekerti, perangai tingkah laku atau tabiat. Di dalam Da’iratul Ma’arif dikatakan: “akhlak ialah sifat-sifat manusia yang terdidik “.
Prof. Dr. Ahmad Amin mengatakan bahwa akhlak ialah kebiasaan kehendak. Ini berarti  bahwa kehendak itu bila dibiasakan akan sesuatu maka kebiasaan itu disebut akhlak. Contohnya, bila  kehendak itu dibiasakan memberi, maka kebiasaannya itu ialah akhlak dermawan. 
Di dalam Ensiklopedi Pendidikan dikatakan bahwa akhlak ialah budi pekerti, watak, kesusilaan (kesadaran etik dan moral) yaitu kelakuan baik yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap Khaliknya dan terhadap sesama manusia. 
Secara terminology, akhlak dapat diartikan (dari beberapa pendapat para ulama’) diantaranya sebagai berikut:
  1. Imam  Al-Ghazali
  Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan gampang dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
  2. Ibrahim Anis
  Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa, yang dengannya lahirlah macam-macam perbuatan, baik atau buruk, tanpa membutuhkan pemikiran dan pertimbangan.
  3. Abdul Karim Zaidan
  Akhlak adalah nilai-nilai dan sifat-sifat yang tertanam dalam jiwa, yang dengan sorotan dan timbangannya seseorang dapat menilai perbuatannya baik atau buruk, untuk kemudian memilih atau meninggalkan.

     Pada zaman yang sudah agak-agak gak karuan ini, mari kita 
     besama-sama membangun/mananamkan akhlak yang baik dan kita buang jauh-jauh akhlak yang buruk pada diri kita maupun pada saudara-saudara disekitar kita,  untuk yang akhlaknya sudah banyak yang baik bisa dikembangkan minimaldipertahankan. Sebagai contoh/ suri tauladan yang baik yaitu/ baginda Nabi Muahammad SAW.

                                                                                                                                                                                                                                                          By : Admin II
 
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar